Menjadi Petani Kentang Cerdas di Era Digital bersama IndiHome


Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang masyhur di Indonesia, selain karna rasanya enak ia juga sebagai sumber karbohidrat yang rendah gula sehingga cocok untuk dijadikan bahan pangan pengganti nasi, zaman dahulu para petani Dieng mengolah sayur mayur mereka didominasi dengan sistem tradisional, menaman, merawat hingga masanya panen semua dilakukan sendiri sampai ketika tiba masanya panen para petani harus berjalan berpuluh kilo meter untuk menjajakan dagangannya. Para simbah kami bercerita mereka rela berjuang keras berjalan kami puluhan kilo tidak jarang harus menginap ditengah perjalanan demi melakukan barter hasil pribumi dengan sejumlah uang atau barang-barang pokok lainnya.

Seiring berkembangnya era digital kerepotan dizaman dahulu bisa diminimalisir dengan memanfaatkan jaringan internet salahsatunya yaitu Indihome, para petani bisa memasarkan hasil panen mereka dengan internet tanpa batas IndiHome Indonesia cukup posting gambar dan berikan keterangan harga juga kualitas produk kemudian posting.

Salah satu manfaat internet bagi petani diantaranya : bisa menjaring supplier-supplier besar dari negara sendiri sampai mancanegara, para petani bisa berinovasi membuat produk makanan berbahan baku kentang dengan nilai jual yang tinggi, dengan memanfaatkan internet semua proses transaksi bisa dilakukan tanpa tatap muka namun tetap mengedepankan asas jujur dan terpercaya.

Contoh yang sedang trend saat ini yaitu bisnis kentang ulir, bisnis kentang ulir ini berasal dari negara Korea namun bisa dipasarkan di indonesia apalagi kentang Dieng cocok untul bisnis ini sehingga dapat membuka peluang yang bagus beberapa tahun ke depan. Soal pemasaran, bisnis kentang ulir ini bisa menjangkau konsumen baik dari anak-anak hingga orang dewasa tinggal bagaimana memadukan rasa yang cocok dan pas sehingga diminati banyak kalangan.

Dengan Telkom Indonesia petani dapat terus berinovasi dan kreatif mencari celah baru dalam memasarkan produk-produk mereka, tidak hanya kentang saja tetapi dapat merambah kesayuran yang lainnya. Mari menjadi petani yang mendunia dengan Indihome internetnya Indonesia.

Dalam sebuah buku Strategi bisnis dijelaskan bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan melakukan sebuah pemasaran sebuah produk bagi penjual, diantara sebagai berikut :

  1. Tempat yang strategis (place),
  2. Produk yang berkualitas (Quality)
  3. Harga yang mampu bersaing (price), dan
  4. Promosi yang gencar (promotion).

Sedangkan dari sudut pandang konsumen adalah sebagai berikut:

  1. Adanya kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
  2. Adanya biaya konsumen (cost to the customer),
  3. Adanya kenyamanan (convenience), dan
  4. Adanya komunikasi (comunication).

Sedangkan bagi petani kentang strategi pemasaran harus dilakukan dari dua arah, yaitu melalui online maupun offline. Ketika memutuskan mempromosikan dagangan maka jangan lupa memberikan keterangan produk dengan sejelas mangkin dan alamatnya, lakukan promosi-promosi melalui media iklan lainnya untuk menarik minat konsumen, buatlah nama toko slogan yang menarik dan mudah diingat, bergabunglah dengan grup-grup pengusaha kentang gencarkan komunikasi dengan mereka dengan bahasa yang sopan sehingga orang akan terkesan dengan kita, kemudian sediakan sampel secara gratis untuk konsumen agar konsumen bisa memilih mana produk yang diinginkan, kemudian berikan kesempatan pada calon konsumen untuk melihat-lihat proses produksi dari produk kita.

Jangan lupakan sekalipun kita bertransaksi melalui website kita juga harus waspada agar terhindar dari penipuan, bersama Indihome petani Dieng bisa cerdas berinovasi.